Monday 19 October 2015

cara untuk kuliah di UPI





Assalamualaikum
perkenalkan nama saya riswano dan sekarang saya kuliah di universitas pendidikan indonesia
saya mau membagikan pengalaman yang membuat saya bisa berkuliah di kampus ini.
seperti ini :D untuk bisa melanjutkan kuliah ada satu cara yaitu usaha
usaha yang seperti apa (timbul sebuah pertanyaan) ???
yang pertama yang sangat mendasar adalah mencari informasi.
MENCARI INFORMASI

untuk berkuliah di kampus idaman harus mengatahui dulu informasi pendaftarannyakan informasi ini menjadi awal untuk melanjutkan usaha selanjutnya, seperti seleksi utama yaitu SNMPTN dan SBMPTN seleksi ini adalah cara supaya kawan-kawan bisa masuk PTN 
saya akan menjelaskan tentang SNMPTN
SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.
kuotanya yaitu 50% jadi sangatlah besar jadi upayakan untuk para siswa untuk berjuang dijalur ini.. jalur yang tidak harus pusing-pusing bergelut dengan soal. kita hanya menyerahkan nilai raport dengan prestasi seperti pernah ikutan lomba di kabupaten. tetapi seleksi SNMPTN ini ada beberapa hal yang di pertimbangkan yaitu

1. Alumni
    Semakin banyaknya alumni yang masuk ke perguruan tinggi yang kita inginkan berarti semakin kita berpeluang, kalau tidak ada masih ada peluang ko ya tapi.. sangat.. sanagt kecil.
jadi memang kita harus tau bahwa seleksi SNMPTN ini memang masih banyak kekurangan seperti belum bisa nya menyeleksi siswa yang sangat berprestasi tetapi terkendala dengan sekolahnya yang belum bisa eksis atau masih tertinggal.
2. Nilai raport 
    nilai rapot adalah hal yang tidak kalah utama, karena seleksi ini fokusnya kepada nilai raport jadi yang mempunyai nilai raport yang berkilau... dipenuhi dengan angka 10 dan 9 pasti merasa sangat percaya diri.. tapi kalaupun kamu tidak mempunyai nilai yang sebegi indah, tenang masih ada harapan... jangan menyerah.. jangan menyerah :) kerana siapa yang tau kan nasib seseorang. ada anak yang biasa-biasa punya raport bagus, ada anak yang luar biasa punya raport biasa.. ini hal yang rumlaahhh di Indonesia.. terkadang ada kejadian sekolah yang pengen siswanya semua lulus dengan cara merubah nilai raport supaya berhasil lulus dan banyak cara lainnya, saya tidak membahas permasalahan ini.. mudah-mudahan nanti saya berkesempatan untuk mengulasnya AMIN :) 



Title: cara untuk kuliah di UPI; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment