Tuesday 20 October 2015

perkembangan busana SEJARAH dan PENJELASANNYA



Jaman dahulu manusia belum mengenal busana. Pada waktu itu manusia hanya berusaha menghindari diri dari pengaruh lingkungan seperti panas, dingin, gigitan serangga, dsb. Menurut catatan sejarah, manusia berbulu, namun semakin lama bulu tersebut semakin menipis sehingga manusia harus berusaha melindungi diri. Awalnya mereka menggunakan tanah liat, daun-daunan, kulit binatang dan kulit kayu. Pembuatan busana dari kulit kayu memerlukan keahlian tertentu, sebab harus mengetahui jenis kulit kayu yang dapat digunakan untuk bahan busana.
Sejarah Awal Bentuk Dasar Busana
Nama busana pada awalnya adalah celemek panggul mempunyai bentuk seperti rok yang biasanya dipakai oleh wanita-wanita Yap dan Guamatela di kepulauan Caroline. Bentuk busana ini berasal dari daun pohon kelapa yang dianyam dipakai pada bagian pinggang sampai panggul, sehingga disebut celemek panggul. Selain dari daun kelapa bisa juga berasal dari kulit binatang. Perkembangan selanjutnya adalah Poncho. Bentuknya hampir sama dengan celemek panggul. Bedanya Poncho hanya berbentuk segiempat dan mempunyai lubang di tengah yang berfungsi untuk memasukkan kepala. Dari perkembangan tersebut muncul beberapa bentuk busana diantaranya :
Busana Bungkus
Busana ini terdiri dari selembar kain berbentuk segiempat yang hanya dibelit-belitkan pada tubuh. Contoh busana ini kita kenal dengan nama Sari yang sering kita temui di daerah India. Jaman dahulu manusia belum mengenal mesin jahit, sehingga mereka menggunakan pakaian.

Kutang
Kutang berarti tidak memiliki belahan. Kutang adalah perkembangan dari busana bungkus yang sisinya disatukan. Contoh busana ini adalah kaos yang sering kita gunakan. Setiap busana bagian atas yang tidak memiliki belahan, bentuk dasarnya adalah kutang.

Kaftan
Perkembangan selanjutnya adalah Kaftan, semuan busana bagian atas yang memiliki belahan hingga bagian bawah, bentuk dasarnya adalah kaftan, contoh busana ini adalah kemeja.

Celana
Celana muncul untuk melengkapi Kaftan. Celana berfungsi menututupi bagian tubuh bagian bawah. Awalnya celana terdiri dari kain berbentuk sarung atau rok yang kemudian dibentuk menjadi celana dengan cara menarik bagian tengahnya, hingga terciptalah berbagai model celana hingga sekarang. Dari 4 bentuk busana di atas, banyak model yang berkembang hingga saat ini.
Sumber: http://www.sigodangpos.com

PENJELASANNYA
Pada waktu pertama manusia hanya menggunakan busana untuk melindungi tubuh,  awalnya manusia menggunakan celemek panggul yang terbuat dari anyaman daun kelapa, kemudian busana berkembang menjadi :
Busana bungkus adalah busana yang persegi empat dan dibelitkan ke tubuh.
Kutang perkembangan dari busana bungkus, tapi kutang itu sisinya itu menyatu.
Kaftan adalah busana yang mempunyai belahan.
Celana adalah kain yang membelit di pusar hingga kaki.


























Permulaan fashion dimulai pada tahun 1920, karena di dekade inilah awal dunia fashion. Pada tahun ini merupakan awal kebangkitan kaum perempuan untuk mencapai kebebasan dan kemerdekaannya. Di dekade sebelumnya, baju-baju ala Cinderella dengan rok super megar dengan pinggang ekstra ketat, menyiksa kaum perempuan, karena itulah mulai tahun 20an mulailah di tinggalkan.
Tahun 1920 merupakan abad baru ketika dunia fashion terlahir kembali dengan pandangan yang berbeda. Inovasi terbaru muncul dari desainer dunia, seperti Coco Chanel yang menyuguhkan potongan, warna, serta gaya yangmementingkan karakter seorang perempuan. Dari sinilah dunia fashion mulai berkibar.



pakaian juga punya sisi estetik
 







Memasuki tahun 1930an, perkembangan fashion sedikit agak lambat hingga akhirnya memasuki perang dunia kedua(1940-1946). Dari yang tadinya hanya bersifat fungsional, sebuah pakaian juga punya sisi estetik atau sisi ‘cantik’.dunia di luar fashion pun  punya pengaruh hebat. terutama dunia film di awal tahun ’50an hingga ’60an.

Beberapa artis besar menjadi panutan di dunia fashion bahkan menjadi icon, seperti Marlene Dietrich dengan baju androginy-nya. di era ini juga, desainer dunia banyak melakukan inovasi. Dari London ada Mary Quant dengan rok mininya dan BarbaraHulanicki dengan gaya street wearnya ala remaja London. dari Amrik ada James Galanos dengan baju fitted dan Rudi Gernreich dengan baju-baju unisex. di Paris dikenal Yves Saint Laurent dengan gaya tailoring buat perempuan, Pierre Cardindengan baju space-nya dan Emmanuel Ungaro dengan fashion couture-nya.



Busana zaman kuno
 






Berkembangnya zaman memang membuat dunia fashion juga terus berkembang. Dan, tidak menutup kemungkinan fashion dulu bisa kita rasakan kembali.


PENJELASAN
Permulaan fashion di mulai pada tahun 1920. Pada tahun tersebut terjadi perkembangan kebebasan  pada kaum wanita karena sebulumnya wanita hanya menggunakan pakaian cinderella.
Perkembangan busana melalau tahun tahun yang panjang perkembangannyapun tergantung pada kondisi sosial budaya dan bahkan politik, bahkan fashion dulu juga bisa menjadi fashion sekarang karena itu busana akan selalu berputar dan trennya.

























Kalau kita feedback, untuk memahami wujud busana masyarakat tertentu berarti memahami pula kebudayaan masyarakat itu dan mengerti berbagai aspek keberadaannya.
Sebagai awal kita akan mengenal tata busana di Dunia Kuno, adalah peradaban yang terjadi disekitar Mediteranea pada masa sebelum Masehi.

Pada dasarnya pakaian tidaklah hanya merupakan alat pelindung terhadap keadaan cuaca semata mata. Suku bangsa primitive ada kalanya mengenakan pakaian tebal panas di Katulistiwa dan kadang-kadang hamper telanjang didaerah kutub.

Ini sebagian dikarenakan adanya keinginan merias diri yang lebih kuat dibandingkan penyesuaian dengan keadaan sekitar. Kiranya sedikit sifat ini tidak hanya ada dimasa purba tetapi hingga masa kini pun sikap itu masih terpelihara disebagian umat manusia.

Perbedaan berbusana antara suku bangsa di pegunungan, kaum nomaden, penghuni padang pasir, goa, petani dan orang kota terlihat jelas. Sedangkan pada golongan berkedudukan tinggi, kaum ningrat dan aristocrat unsure-unsur simbolis kedudukan mereka sangat ditonjolkan.

Bangsa-bangsa kuno pada mulanya hanya mengenakan kain cawet, kadang-kadang dilengkapi dengan selendang. Tutup kepala dan alas kaki, hampir tak dipakai. Busana zaman kuno yang sangat berpengaruh adalah busana yang berasal dari suku bangsa yang memiliki kebudayaaan sendiri seperti bangsa Mesir Kuno dan Bangsa Babylonia. Kedua bangsa ini memiliki bentuk dasar busana yang sama yaitu bentuk dasar kemeja.
Bangsa Mesir Kuno menghias bentuk dasar ini dengan mempergunakan kain itu sendiri, yaitu dengan cara pemberian lipit-lipit ( pleats, plissee ). Bangsa Babylonia dengan menambah potongan-potongan strook yang berumbai-rumbai.

Bentuk kostum dari masing-masing suku bangsa zaman kuno ini saling berbeda tapi sepintas tak terlihat perbedaannya. Potongan-potongan kain besar atau lebarnya tergantung yang dihasilkan oleh alat tenun pada masa itu diterima sebagai bentuk dasar kostum untuk kemudian dilipat, dililit, dilingkarkan atau disusun pada badan dalam aneka perbandingan panjang atau lebar kain itu sendiri.

PENJELASANNYA
Setiap bangsa mempunyai kebiasaan dalam berbusana banyak dari pada suku-suku di dunia tidak berbusana tapi dalam perkembangannya suku-suku tersebut mulai melakukan perawatan diri. Busan yang mereka gunakan juga tergantung pada iklim dan geografis tempat.
Seperti saat pertama manusia hanya mengunakan daun ataupun kulit kayu kemudian berkembang, manusia mulai menenun pakaiaannya sendiri di sini mulailah banyak mode-mode busana.

























MESIR KUNO
Kerajaan Mesir Kuno

Salah satu pusat peninggalan kebudayaan yang tertua didunia terdapat di daerah lembah sungai Nil di Mesir semasa 4000 tahun SM. Ditemukan oleh Pasukan Napoleon dari Perancis yang menyerbu dan menduduki daerah subur sungai Nil pada tahun 1797. Seorang Ilmuwan Perancis yang bernama Champollion berhasil membaca batu bertulis Rosetta  yang kemudian huruf-huruf atau aksara-aksara yang terdapat di Mesir Kuno kemudian dikenal sebagai Hyroglyph. Sejak sekitar tahun1800 itulah segenap sejarah Mesir dari masa 4000 tahun sebelum Masehi terungkap.

Mesir juga disebut sebagai Negeri Hadiah Sungai Nil karena kesuburannya. Dengan singkat, periode-periode pra sejarah Mesir adalah :
  1. Periode pra sejarah dan sejarah awal hingga 3000 SM
  2. Periode Kerajaan Kuno 3000–2000 SM
  3. Periode Kerajaan Pertengahan 2100–1800 SM
  4. Periode Kerajaan Baru 1580–1085 SM
5.      Periode Penjajahan Asing 1085 – 395 SM
- Periode Saitis 663 – 525 SM
- Periode Ptolomeus 332 – 30 SM
- Periode Romawi 30 – 395 M

6.      Periode Kristen Awal, masa perkembangan kebudayaan Koptik 395 – 640 SM
7.      Islam.


Awal keruntuhan Kerajaan Mesir Kuno adalah pada masa Penjajahan Asing, namun hingga sekarang, hampir 30 abad kemudian sejarah Kerajaan Mesir Kuno tetap menjadi misteri yang belum terungkap dengan tuntas. Dan manusia-manusia di abad modern, belum berhenti untuk mencoba mengungkap.

BUSANA  DAN PERLENGKAPAN MASYARAKAT MESIR KUNO
Zaman Mesir Kuno dapat dikatakan zaman emas karena pada masa itu telah mengenal emas dan tersedia sangat berlimpah. Kaum ningrat bias meletakkan emas dimana saja sehingga logam mulia itu seakan-akan tidak bernilai bagi mereka.

KALASIRIS

Busana yang dipakai pada masa itu masih dalam bentuk yang sangat sederhana berupa busana dalam bentuk kemeja tanpa krag dinamakan KALASIRIS.

Dalam periode kerajaaan kuno Kalasiris berlengan setali ini sangat pendek dan ketat, sedangkan dalam periode kerajaan baru kalasiris dibuat panjang dan lebar serta diberi lipit-lipit yang merupakan unsur dekoratif yang sangat dominan pada tata busana bangsa Mesir kuno.

Pelengkap Kalasiris : berbagai sarung pendek dan aneka krag. Yang dibuat dari berbagai macam bahan. Sepeti Linen yang dikanji sangat kaku agar mudah dibentuk, ini biasa digunakan oleh rakyat biasa. Ada juga dibuat dari kulit atau logam mulia, ini biasa digunakan oleh kaum ningrat dan tokoh-tokoh penting lainnya. Pada kragnya juga acapkali ditambahkan hiasan dari permata yang disusun dalam susunan geometris.

Sedangkan sarung pendek atau disebut Schenti juga memberikan efek dekoratif pada kalasiris. Yang juga terkadang dibuat dari kulit berlapis emas.

Asesoris lainnya ada selendang yang disebut Stola yang disusun sebagai draperi pada bahu. Dikenakan juga semacam rompi panjang yang dibuat dari susunan jalinan dan ronce manik-manik.
Untuk Firaun, kalasiris yang berlipit-lipit dibuat dari kain emas agar memberi kesan kedewaan.
Untuk Pendeta dan Firaun memakai tutup kepala dari kain yang dilipat menjadi segitiga.
Tutup kepala ini disebut Klaft.
Sumber : http://www.desainbusana.com

PENJELASAANYA
Perkembangan busana pada zaman mesir kuno ada beberapa periode dari periode pra-sejarah hingga periode islam. Di mesir waktu itu sangatlah berlimpah emas jadi masarakatnya menggunakan emas untuk asesoris pakaiaannya, seperi yang kita tau juga bahwa mesir dilintasi oleh sungai terpanjang didunia yaitu sungai nil. Disekitar sunagai nil ini sangatlah subuh sehingga masarakat mesire menggunakan sumberdasa alamnya untuk perkembangan busana.
Busana yang dipakai pada masa itu masih dalam bentuk yang sangat sederhana berupa busana dalam bentuk kemeja tanpa krag dinamakan Kalasirih.













Mengamati perkembangan busana muslim di kota-kota besar melalui internet dan beberapa festival busana muslim. Saat ini perkembangan busana muslim khususnya dalam desain, telah mengalami perkembangan yang pesat. Kini bisa kita jumpai dengan mudah, busana muslim yang mengikuti tren mode saat ini.
Sebelumnya wanita muslimah sering memakai pakaian muslim dengan kualitas rendah baik dari segi bahan maupun desain, namun tidak untuk saat ini. Kini kita sering jumpai wanita muslimah mengenakan busana-busana yang modern, berbahan bagus dengan desainer yang cukup terkenal. Sebuah kemajuan yang patut kita apresiasi. Berbusana muslim tidak harus ketinggalan jaman. Kita bisa memilih dan membeli baju muslim melalui internet. Sangat praktis dan efisien.
Tidak hanya di Indonesia, perkembangan busana muslim juga terjadi di eropa, bahkan bebrapa merek fashion besar di Eropa sudah melirik busana muslim. Label fashion seperti John Galliano ikut serta dalam pagelaran fashion show yang di selenggarakan di Hotel George V di Paris pada tahun 2009 lalu. Ini merupakan angin segar bagi perkembangan busana muslim di dunia.
Para desainer menyadari bahwa sebetulnya banyak wanita muslimah yang mengenakan pakaian-pakaian hasil rancangan desainer ternama, namun pakaian mereka ditutupi oleh jubah yang berwarna hitam. Hal ini telah mendorong mereka untuk mempertimbangkan gagasan memproduksi abaya desainer, ini akan menandai awal dari tren mode baru baik untuk perempuan muslim dan non muslim?
Para desainer dan perusahaan pakaian baru tersadar akan besarnya pasar yang bisa mereka garap. Tingginya populasi ummat Islam di dunia merupakan pasar yang sangat potensial untuk digarap.
Sumber : https://artikelbajumuslim.wordpress.com/

PENJELASAN
Perkembangan busana di indonesia sangatlah berkembangan apalagi dengan adanya media internet siapapun bisa mengetahui apa tren busana muslim sekarang. Sekarang juga para desainer mulai berlomba-lomba dapan membuat bisana muslim yang sesuai dengan tren sehingga industi busana ini akan sangat berkembang.


Title: perkembangan busana SEJARAH dan PENJELASANNYA; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 comment:

  1. ini keren. Lengkap banget. jadi aku bisa tahu jah lebih dalam tentang perkembangan fashion.

    dengan materi ini aku bisa bikin strory teling untuk jual produk Bajuku.

    ReplyDelete