Thursday 22 September 2016

APA ITU PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA


Assalamualaikum

saya akan bercerita tentang prodi pendidikan kesejahteraan keluarga. jurusan ini menarik untuk kita ketahui bersama.


Apa perbedaaan PKK di kampus dengan PKK didesa?
perbedaanya  PKK desa adalah organisasi pemberdayaan keluarga di desa dengan program kerjanya, kalau PKK di kampus itu ada sebuah program studi yang mengajarkan tentang ilmu-ilmu keluarga yang terstruktur dan punya visi misi untuk lulusannya bisa bekerja sebagai Guru ataupun bidang lain yang kaitannya dengan keluarga.


Apa berbedaan Departemen PKK dengan Program Studi PKK?

Departemen adalah kumpulan dari program studi,

contoh di departemen PKK ada prodi pendidikan tata boga, pendidikan tata busana, pendidikan tata rias dan ada program studi pendidikan kesejahteraan keluarga .

contoh lain Departemen IPS ada program studi pendidikan. geografi, pendidikan. sosiologi, pendidikan IPS dan pendidikan sejarah.

jadi departemen adalah kumpulan program studi, kalau program studi adalah jurusan yang kita tempuh selama kuliah.


Apakah PKK itu penting pelajari?

PKK adalah ilmu yang bermanfaat  untuk diri sendiri, keluarga, dan masayarakat karena dalam PKK akan kita pelajari 10 segi kehidupan keluarga dan melakukan praktik langsung untuk membangun keluarga sejahtera.

secara umum kita akan belajar hubungan intra dan antar keluarga, etika sopan santun, pengasuhan anak dan lansia, kerajinan, memasak makanan internasional dan traditional, membuat busana, mendesain busana, belajar wirausaha bidang makanan dan pakaian, pola asuh keluarga, tata laksana rumah tangga, tata graha, dan prakarya.



Sejarah PKK ?
Pendidikan kesejahteraan keluarga berasal dari Amerika  serikat dengan nama HOME ECONOMIC dan berkembang ke seluruh dunia dengan nama yang berbeda tetapi tujuannya sama yaitu untuk membangun keluarga yang sejahtera dapat mengembangkan kemampuan sehingga dapat berkarya dan meningkatkan kualitas pendidikan di dalam keluarga.


Human Life Sciences Education (di jepang dan korea)

Sains Rumah tangga ( di Malaysia)


Gampang gak belajar PKK?

Pembelajaran di PKK bukan hanya mempelajari teori saja tetapi kita dituntut untuk bisa mengimplementasikannya langsung sehingga diperlukan keterampilan untuk bisa belajar PKK. 

setiap orang memiliki minat dan bakatnya pasti akan sangat tergantung pada diri masing-masih untuk belajar mata kuliah di PKK.

Apakah bisa lulusan PKK diangkat jadi PNS ?

tentu saja bisa banyak alumni dari PKK yang telah menjadi PNS di sekolah (Guru Prakarya, Perhotelan, wirausaha, pelayanan sosial ), PNS BKKBN, PNS BLK, PNS di kementerian sosial.

selain itu ada yang bekerja sebagai pendamping desa, oprator PKH, dan ada juga yang bekerja di bidang perhotelan.


APA ITU PRODI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) UPI

Pendidikan kesejahteraan keluarga UPI adalah salah satu pelopor pendidikan kesejahteraan keluarga di Indonesia, program studi Pendidikan kesejahteraan UPI fokus pada ilmu kependidikan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai guru dan juga ilmu kesejahteraan keluarga untuk menyiapkan mahasiswa terampil  untuk bekerja  di lembaga sosial, industri kerajinan, dan perhotelan.



LULUSAN PKK bisa jadi guru apa?

Lulusan PKK bisa menjadi GURU SMK jurusan : Akomodasi perhotelan, Pekerja sosial, dan Kerajinan atau prakarya dan wirausaha.


Apa saja peminatan PKK ?


Konsentrasi adalah peminatan yang disediakan prodi supaya mahasiswa mendalami salah satu peminatan dan dengan peminatan tersebut mahasiswa bisa lebih terampil lagi. mahasiswa yang mengambil salah satu peminatan beberapa mata kuliahnya akan berbeda dengan mahasiswa yang mengambil peminatan lain.


1. Konsentarasi Akomodasi Perhotelan

 Mahasiswa akan belajar Tata graha (Houskeeping), Tata Hidang (Food and Beverage), Kantor depan (Front Office), Lundry (Binatu).

prospek utama lulusannya yaitu menjadi guru SMK Akomodasi perhotelan dan juga bisa bekerja di industri perhotelan karena ilmu keluarga itu bisa dikembangkan di dunia perhotelan.

2. Konsentrasi Prakarya

mahasiswa akan belajar kerajinan, wirausaha, pengetahuan tekstil, pengelolaan makanan, rekayasa produk dan budidaya tanaman.

prospek lulusan jadi GURU Prakarya dan wirausaha atau SMK jurusan Kriya Tekstil, Kriya Kulit selain itu bisa bekerja di industri kerajinan.


3. Konsentarasi Pelayanan  sosial

mahasiswa akan belajar kesejahteraan sosial, kehidupan sosial keluarga, manajemen lembaga sosial, psikologi keluarga dan masyarakat dan penanganan masalah sosial.

prospeknya jadi guru SMK jurusan pekerja sosial dan bisa menjadi konsultan keluarga, bekerja di dinas pemberdayaan keluarga, lembaga sosail, dan lain sebagainya.



Apakah di Program studi PKK ada Beasiswa?
tentu banyak beasiswa apalagi di kampus negeri seperti Bidikmisi, PPA, BCA, dan Beasiswa jabar.














Title: APA ITU PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

3 comments: