Monday 17 October 2016

TUGAS RPP AKOMODASI PERHOTELAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 9 BANDUNG
Jalan Soekarno-Hatta Km. 10 RT 009 RW 006, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         : SMK 9 BANDUNG
Mata Pelajaran                        : HOUSEKEEPING
Kelas/Semester                        : X
Alokasi Waktu                        : 52 jam @ 45 menit ( .... jam/ pertemuan)
Standar Kompetensi               : Mengenal Bisnis Perhotelan


I.     Kompetensi Dasar              : Memahami Bisnis Perhotelan

II.  Indikator               
1.      Kognitif
a.       Memahami pengertian bisnis perhotelan
  1. Mengenal sejarah singkat perhotelan
c.       Mengenal Karakteristik Bisnis Perhotelan
d.      Menyebutkan Tipe-tipe Hotel
e.       Mengenal Segmentasi Hotel
f.       Memahami Organisasi Hotel
g.      Status Kepemilikan Hotel dan Jaringan Hotel
h.      Menjelaskan Siklus Tamu Hotel (Guest Cycle)


2.      Afektif
a.       Karakter
1)      Rasa ingintahu
2)      Berpikirkreatif,
3)      kritis, danlogis
4)      bekerja teliti
5)      jujur
6)      bertanggungjawab
7)      peduli
8)      berperilaku santun
9)      Menghargai orang lain
10)  Bisa bekerja sama
11)  Tanggap terhadap situasi

b.      Ketrampilan Sosial
-          Bekerjasama
-          menyampaikanpendapat
-          menjadi pendengar yang baik
-          menanggapi pendapat orang lain
-          Mampu berinteraksi
-          Mampu menyimak
-          Mampu berbicara didepan orang lain

3.      Psikomotor
a.       Menyimak informasi secara langsung
b.      Menuliskan ringkasan informasi yang disimak


II. Materi  Pembelajaran
Pertemuan 1 :
a.       Memahami pengertian bisnis perhotelan
  1. Mengenal sejarah singkat perhotelan
b.      Mengenal Karakteristik Bisnis Perhotelan
c.       Menyebutkan Tipe-tipe Hotel
d.      Mengenal Segmentasi Hotel
e.       Memahami Organisasi Hotel
f.       Status Kepemilikan Hotel dan Jaringan Hotel
g.      Menjelaskan Siklus Tamu Hotel (Guest Cycle)


III. Model Pembelajaran        
  1. Model Pembelajaran               Discovery Learning
  2. Metode                                    :  Ceramah , Diskusi dll


IV. Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan 1
A.    Kegiatan Awal
a.       Persepsi
Guru mennyampaikan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang Bisnis Perhotelan. Hotel dapat didefinisikan sebagai sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dengan memberikan fasilitas penginapan untuk umum dengan fasilitas pelayanan sebagai berikut: pelayanan makan dan minum pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.




b.      Motivasi
Siswa manpu memahami dan mengembangkan pengetahuan tentang bisnis perhotelan sehingga tumbuh motivasi secara mendalam untuk terus belajar tentang pelayanan-pelayanan di hotel.

B.     Kegiatan Inti
a.    Siswa memberikan gambaran tentang Bisnis Perhotelan
b.    Guru membantu siswa memhami Bisnis Hotel
c.    Guru menjelaskan sejarah, karakteristik, tipe, segmentasi, organisasi dan siklus tamu hotel.

d.   Guru menyampaikan masalah-masalah dalam Bisnis Berhotelan
e.    Siswa mengidentifikasi dan mencari solusi masalah di Bisnis Pehotelan

C.     Kegiatan Akhir
Penugasan
Siswa diminta mengumpulkan rangkuman terkait pelajaran bisnis hotel.




V. Alat, Bahan dan Sumber Belajar
a. power point
b. buku
c. proyektor

VI. Penilaian.
A.    Penugasan
B.     Pengamatan proses
C.     Tes tertulis


Mengetahui,                                                                            S, 11 Agustus 2016                
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




Dra.Riswano, S. Pd.                                                               Riswano, S.Pd., Gr.   




Title: TUGAS RPP AKOMODASI PERHOTELAN; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 comment: